Berita Terkini

Peningkatan Kapasitas Aparatur Satpol PP Melalui Bimtek Intelijen

Post Title

Tanggal 30 dan 31 Oktober 2018, Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Lima Puluh Kota mengadakan Bimbingan Teknis Intelijen dengan ketua pelaksana, Kepala Bidang Sumber Daya Aparatur Bapak Efrizon. Bimtek ini diikuti oleh 40 (empat puluh) orang personil Satuan Polisi Pamong Praja yang dibagi kedalam 2 (dua) angkatan, yang mana masing-masing angkatan terdiri dari 20 (dua puluh) orang personil. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Lima Puluh Kota.

Kegiatan Bimbingan Teknis Intelijen ini dibuka secara resmi oleh Kepala Satuan (Kasat) Polisi Pamong Praja Kabupaten Lima Puluh Kota, Bapak Nasriyanto, ST. Dalam sambutannya Bapak Nasriyanto, ST, menyebutkan pentingnya bimtek intelijen ini bagi personil Satuan Polisi Pamong Praja. Dengan adanya bimtek ini diharapkan personil Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Lima Puluh Kota, dapat membaca perkembangan yang terjadi di masyarakat sehingga berbagai permasalahan yang dihadapi dapat diatasi dengan solusi yang terbaik sesuai dengan perkembangan saat ini dan tetap berdasarkan aturan yang berlaku, baik melalui upaya preventif, persuasif dan pendekatan dialog.

Adapun narasumber pada kegiatan ini adalah Ipda Saifuddin yang berasal dari Polres Lima Puluh Kota. dalam paparannya, Ipda Saifuddin mengatakan bahwa, intelijen bukanlah operasi penegakan hukum yang bergumul dengan bukti-bukti sebelum menentukan sebuah perbuatan melawan hukum. Akurasi memang penting, namun kecepatan jauh lebih penting. Kerja intelijen tidak dapat serta merta dipayungi oleh the criminal justice system (sistem peradilan pidana). Intelijen bekerja dalam situsi kedaruratan permanen. Dalam konteks kedaruratan, ada tindakan dalam rentang ilustitium yang tidak dapat diartikan dengan sedang mengeksekusi hukum dan bukan pula sedang melanggarnya, karena tindakan ilustitium sebenarnya adalah proses penciptaan hukum baru yang membuatnya lumpuh secara operasional.


Narasi : Bid. SDA
Posting : Endhank